Selasa, 14 Oktober 2014

Etika Menulis di dalam Internet

Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Disuatu tempat pasti mempunyai etika dan kita harus menyesuaikan diri kita agar kita dapat diterima dengan baik di tempat tersebut. Tidak hanya di dunia nyata tapi di dunia maya seperti internet pun kita harus mempunyai etika. Tetapi, masih banyak kita temukan mereka yang menulis tanpa menggunakan aturan atau sopan santun yang semestinya. Mereka abaikan dan tidak ambil pusing dalam mempublikasikan sesuatu, seperti gambar, video, atau mengirimkan pesan melalui email, tanpa memerhatikan kode etik yang semestinya berlaku.

Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain.Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Seperti yang kita ketahui, pola pikir setiap manusia memang berbeda–beda, mengenai batasan-batasan baik ataupun yang buruk terhadap suatu artikel. Tidak ada salahnya, jika ada pembatasan secara umum mengenai etika berbahasa yang dapat digunakan dalam penulisan artikel, dengan tujuan agar dapat dipahami oleh banyak orang.
Ada beberapa etika yang perlu kita ketahui dalam menulis/memposting tulisan kita di internet:
  1. Tidak melanggar hukum hak cipta
  2. Jangan mengundang pertengkaran , maksudnya tulisan tersebut bersifat fitnah/tidak benar,       sehingga pembaca mempersoalkan tulisan tersebut.
  3. Tulisan yang dibuat bukan hasil “plagiat”
  4. Hindarkan informasi yang bersifat negatif
  5. Gunakan kalimat yang sederhana, sehingga pembaca mudah memahami tulisan tersebut
  6. Gunakan kata-kata yang sopan
  7. Berbagilah pengetahuan yang berharga
  8. Selalu menyertakan sumber ketika mengambil tulisan dari web lain
  9. Tidak mengandung unsur SARA
  10. Tulisan berupa fakta bukan fiktif
  11. Jangan pernah menggunakan kalimat-kalimat yang kasar
  12. Tidak memanipulasi data
Pada era reformasi ini, kita dapat bebas memberikan pendapat, namun kita tetap harus menyadari pendapat atau pesan yang akan kita sampaikan dan publikasikan melalui internet, karena semuanya akan memberikan pengaruh bagi mereka yang membaca tulisan tersebut. Kita mempunyai kebebasan berpendapat, namun kebebasan tersebut haruslah kebebasan yang bertanggung jawab. Jadi, pesan apapun yang ingin disampaikan akan mendapatkan respons dan selama pendapat ataupun pesan tersebut tidak mengandung hal negatif, namun bermanfaat, kita tidak perlu takut untuk menulis dan memublikasikannya.
Nah mulai dari sekarang marilah kita menjadi penulis yang beretika didalam internet. Sehingga kita menjadi manusia yang bertanggung jawab apa yang atas kita lakukan.

Sumber :         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar